Tamu yang kembali datang ke tempat yang sama, membawa harapan yang sama dengan pengalaman sebelumnya. Beberapa tamu mungkin memilih hotel atau tempat yang berbeda dengan sebelumnya karena fasilitas yang ditawarkan lebih cocok dengan kebutuhan. Sementara beberapa tamu mungkin merasa lebih nyaman dengan tempat yang sama daripada mencoba sesuatu yang baru.
Para tamu di bawah ikatan perusahaan biasanya memesan hotel yang sama untuk masa inap resmi mereka. Tamu VIP seringkali memiliki jadwal ketat, sehingga tidak mungkin mereka harus terus menerus mengulang kebutuhan mereka kepada pihak hotel. Sehingga untuk mengelola kebutuhan tamu secara efisien, sistem manajemen hotel dapat menggunakan kemampuan teknologi biometrik.
Kebutuhan tamu dapat dimasukan dalam pengidentifikasi biometrik yang diambil secara instan ketika proses pemindaian biometrik. Pelacakan kebutuhan dengan biometrik tamu adalah cara tercepat untuk mengidentifikasi dan melacak kebutuhan tamu. Sehingga ketika tamu pergi ke konter check in, mereka hanya perlu meletakkan jari mereka di pemindai sidik jari. Kemudian informasi akun dan preferensi mereka akan ditampilkan.
Pengenalan Pengunjung Hotel Dengan Teknologi Biometrik
Idealnya, akomodasi seperti hotel, resort, atau wisma hanya dapat diakses oleh tamu atau pegawai hotel yang berwenang. Biasanya tamu diberikan kunci berupa kartu untuk dapat masuk kedalam akses hotel. Kunci hotel seukuran kartu kredit ini menyimpan pola fisik atau digital yang diterima mekanisme pintu. Namun kunci pintu hotel tidak terhubung langsung ke sistem di meja depan. Oleh karena itu, jika kartu hilang dan kartu baru dikeluarkan maka kamar tidak akan terlindungi, sebelum kartu baru dimasukkan ke dalam kunci.
Akses kamar hotel tamu dengan teknologi biometrik memberikan solusi terintegrasi yang terhubung dengan sistem manajemen hotel. Tidak adanya penggunaan kartu, kunci, atau segala bentuk kepemilikan lainnya membuat tamu lebih nyaman karena tidak adanya rasa takut akan kehilangan barang. Keluar masuk pelanggan yang dicatat secara biometrik menghadirkan bukti kuat bahwa hanya tamu yang memasuki ruangan dan tidak ada orang lain. Betapa praktisnya bahwa seorang pelanggan meletakkan jarinya pada pemindai. Tidak perlu mencari kunci atau kartu kunci dalam saku atau tas yang mungkin sudah ditempati barang lain. Dengan solusi biometrik seperti pengenalan sidik jari, ujung jari tamu Anda menjadi kunci teraman untuk kunci pintu.
Industri perhotelan selalu berusaha untuk terus menerus mencoba memberikan penawaran dan fasilitas terbaru bagi pengunjung. Kenyamanan pelanggan, menjadi kunci bagi industri perhotelan untuk mengundang pengunjung kembali dengan berbagai layanan yang siap ditawarkan. Fasilitas yang jarang ditemui di rumah seperti kolam renang, spa, kasino, tempat kebugaran dan beberapa fasilitas lain menjadi tawaran dari hotel.
Dengan teknologi biometrik, data yang telah terdaftar dengan sistem akses terpusat, tidak perlu melakukan formalitas lainnya. Akses keluar masuk fasilitas yang dijamin secara biometrik, akan mengharuskan tamu atau anggota untuk memindai sidik jari atau wajah mereka untuk memasuki fasilitas. Teknologi biometrik akan mencatat waktu pengunjung di area fasilitas.
Biometrik dapat mengatur fasilitas mana yang termasuk dalam paket tamu biasa atau tamu VIP istimewa. Sehingga pengunjung dapat memasuki area fasilitas yang berbeda dengan menggunakan biometrik mereka. Pintu masuk yang diautentikasi secara biometrik tidak akan memberi peluang orang luar untuk menggunakan fasilitas hotel yang hanya diperuntukkan untuk pengunjung.
Pembayaran merupakan aspek paling penting karena usaha perhotelan dalam menawarkan pelayanan berubah menjadi uang. Seorang pelanggan mungkin telah memanfaatkan berbagai layanan fasilitas selama menginap, seperti memesan makanan tambahan, spa, transfer bandara, bergabung dengan pusat kebugaran, dan sebagainya.
Beberapa hotel juga menerima layanan sesuai dengan keinginan pelanggan. Semua ini memerlukan departemen yang berbeda di dalam hotel untuk menjaga pekerjaan mereka tetap teratur. Pencatatan dan pengorganisasian layanan dapat menyusahkan jika menggunakan cara manual. Mendata daftar penggunaan layanan pengunjung pada saat pembayaran dapat membuat pengunjung menunggu lama di meja penagihan yang berakibat pada kekesalan pelanggan. Tidak peduli seberapa baik layanan yang telah diberikan kepada pengunjung, jika pihak hotel mengacaukan saat check out , maka semua upaya yang telah dilakukan akan hilang.
Dengan penggunaan biometrik, pengunjung tidak bisa mengelak mengenai layanan apa saja yang telah digunakan. Catatan masuk dan keluar berdasarkan biometrik menyajikan bukti otentik layanan yang tersedia.
Sebagai penyedia jasa biometrik, PT ASLI RI menyediakan beberapa macam inovasi solusi biometrik software dan hardware berdasar dari sidik jari, wajah, iris, suara, telapak tangan, hingga kecocokan jejak kaki. Produk dan solusi milik PT ASLI RI telah dipakai selama beberapa tahun oleh aplikasi sipil ataupun forensik, seperti lintas perbatasan, investigasi kriminal, sistem identifikasi nasional, registrasi pemilihan umum, pemeriksaan duplikasi dan verifikasi, penerbitan paspor dan beberapa proyek berskala nasional. Untuk penawaran dan pemesanan segera hubungi kami.