Kontrol akses berbasis biometrik memiliki rekam jejak yang terbukti berhasil di berbagai jenis industri. Terlepas dari tantangan dalam berbagai kasus penggunaan, beberapa aplikasi seperti akses fisik, akses logis, identifikasi, kehadiran karyawan. Fleksibilitas aplikasi biometrik ini membuat aplikasi biometrik digunakan oleh pemerintah maupun swasta.
Aplikasi biometrik sangat berguna untuk tempat-tempat yang banyak memiliki akses keluar masuk fasilitas bagi pengunjung, sehingga memerlukan identifikasi atau verifikasi . Unit industri perhotelan seperti hotel, resort, losmen, dan kasino sering menghadapi tantangan untuk memastikan keamanan tamu serta menjaga kenyamanan di tempat.
Misalnya, jika sebuah hotel memberlakukan terlalu banyak formalitas atau prosedur atas nama keamanan, para tamu mungkin merasa terganggu dan tidak pernah kembali. Di sisi lain, langkah-langkah keamanan yang lemah dapat membahayakan tamu, pengunjung atau karyawan. Ketidakseimbangan ini dapat memiliki dampak jangka panjang pada bisnis karena hotel atau resort merupakan tempat di mana pengunjung ingin diperlakukan secara istimewa dengan keamanan yang terjamin.
Masa Depan Identifikasi Biometrik Dalam Dunia Industri Perhotelan
Tantangan industri perhotelan sama uniknya dengan industri itu sendiri. Ketika Anda seorang tamu, Anda tidak dapat diperlakukan seperti pelanggan biasa. Kata “tamu” sendiri memunculkan harapan akan kualitas layanan yang akan diterima oleh pelanggan. Di mana para tamu selalu disambut, dan tidak akan pernah diganggu.
Banyaknya tamu yang menggunakan unit perhotelan membuat ancaman sulit diidentifikasi jika ada penjahat yang menyamar sebagai tamu. Pihak hotel tidak dapat terus menerus menggiring dan membawa tamu untuk pemeriksaan barang. Memeriksa identitas tamu terus menerus di setiap akses pintu.
Keamanan di hotel tidak dapat disamakan dengan keamanan bandara di mana setiap orang harus melalui pemeriksaan keamanan yang ketat dan autentikasi identitas. Sehingga teknologi biometrik sangat dibutuhkan untuk membantu untuk keamanan hotel.
Ekspektasi pelanggan terhadap hotel atau resort sangatlah tinggi sehingga menjadi tantangan utama bagi pihak hotel. Keramahan menjadi kunci utama perhotelan dalam melayani tamu mereka walaupun perlakuan tamu mungkin seringkali tidak menyenangkan. Di saat yang sama, keramahan hotel secara tidak langsung membuka pintu bagi kejahatan dan ancaman karena penjahat bisa saja menyamar sebagai tamu dan memanfaatkan keramahan dari industri perhotelan.
Seorang penjaga hotel mungkin tidak memaksa tamu untuk membuktikan identitas mereka, tetapi bagaimana ketika tidak ada penjaga dan hanya pemindai sidik jari, di mana Anda perlu meletakkan jari Anda untuk membuka pintu? Sama seperti kita menggunakan mesin ATM dan bukan karyawan bank, ketika ia menolak untuk mengeluarkan uang, solusi teknologi tidak perlu menghadapi tamu dengan keramahan seperti penjaga keamanan manusia.
Karyawan perhotelan tidak diperbolehkan untuk bersikap kaku, sehingga bagian ini dapat ditanggungkan kepada teknologi biometrik. Misalnya, jika seorang penjaga menolak pengunjung untuk masuk ke akses area tertentu, tamu mungkin tetap bersikeras atau berubah menjadi kasar. Tetapi jika akses yang sama ditolak oleh peralatan biometrik, itu tidak akan terlalu menyakiti sentimen pelanggan. Sehingga solusi biometrik dapat membantu pihak hotel untuk dapat meningkatkan upaya operasional dan keamanan namun secara bersamaan tidak menghilangkan keramahan.
Meja resepsionis hotel dapat menjadi tempat yang paling tidak nyaman untuk dikunjungi setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan. Bukankah kita semua merasa seperti ingin melewatkan bagian itu dan langsung menabrak sofa, atau mandi? Tetapi formalitas check-in tradisional sepertinya tidak pernah sesuai dengan yang diinginkan tamu dan menjadi urusan yang menghabiskan waktu. Melewati formalitas check-in secara penuh, mungkin tidak dapat dihilangkan begitu saja. Tetapi sangat mungkin untuk mempercepatnya dengan check-in biometrik. Sehingga dapat memberi pengalaman yang diinginkan oleh tamu. Mendaftarkan biometrik pengunjung (misal: sidik jari atau pengenalan wajah) yang memungkinkan akses ke kamar tanpa perlu menggunakan kartu gesek.
Pengunjung juga diberi akses ke fasilitas hotel yang disediakan seperti kolam renang atau kasino dengan menggunakan metode akses biometrik seperti pengenalan sidik jari. Sistem yang mendasari juga mencatat keberadaan tamu dan menghasilkan laporan saat dibutuhkan, misalnya pada saat penagihan, checkout atau audit.
Sebagai penyedia jasa biometrik, PT ASLI RI menyediakan beberapa macam inovasi solusi biometrik software dan hardware berdasar dari sidik jari, wajah, iris, suara, telapak tangan, hingga kecocokan jejak kaki. Produk dan solusi milik PT ASLI RI telah dipakai selama beberapa tahun oleh aplikasi sipil ataupun forensik, seperti lintas perbatasan, investigasi kriminal, sistem identifikasi nasional, registrasi pemilihan umum, pemeriksaan duplikasi dan verifikasi, penerbitan paspor dan beberapa proyek berskala nasional. Untuk penawaran dan pemesanan segera hubungi kami.